Prodi HI Fisipol UIR Adakan Seminar Motivasi Pendidikan

By Bermadah 18 Mar 2020, 14:03:40 WIB Riau
Prodi HI Fisipol UIR Adakan Seminar Motivasi Pendidikan

BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Program Studi Hubungan Internasional Universitas Islam Riau (Prodi HI UIR) mengadakan beberapa Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di bidang seminar motivasi pendidikan tinggi di wilayah Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau pada Senin (13/1/2020) hingga Rabu (15/1/2020) lalu.
 
Kegiatan pengabdian masyarakat ini secara khusus ditujukan kepada siswa-siswi kelas XI yang akan lulus dan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi pada tahun 2020 ini.

Salah satu sekolah yang dijadikan sebagai tempat lokasi kegiatan acara Seminar Pendidikan Tinggi oleh tim dosen dari Prodi HI UIR ini adalah SMA N 2 Karimun. 

Beberapa kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di antaranya yakni seminar dan diskusi kepada calon mahasiswa ini agar mereka memiliki semangat motivasi untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi serta mereka memiliki dasar untuk memilih jurusan atau Program Studi yang akan mereka pilih terutama Prodi yang ada di lingkungan Universits Islam Riau. 

Dr Rendi Prayuda M Si selaku narasumber kegiatan itu mengatakan, bahwa antusias dan keinginan siswa/wi sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dalam sesi diskusi dan tanya jawab di akhir penyampaian materi dimana sebagian besar siswa–siswi tersebut memiliki animo yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Akan tetapi, sebutnya, mereka masih mengalami keraguan terutama terkait Program Studi yang akan mereka pilih serta hambatan teknis lainnya berupa faktor dukungan dan ekonomi keluarga.

Menurut Rendi, bahwa, beberapa faktor penghambat teknis tadi adalah permasalahan yang sering dihadapi oleh calon mahasiswa. 

Namun, ia menjelaskan, bahwa dimana ada keinginan pasti disitu ada jalan. Artinya, setiap calon mahasiswa harus memiliki tekad dan keinginan yang keras terlebih dahulu sehingga nantinya mereka akan memiliki keberanian untuk mampu berjuang mencapai cita-cita mereka karena masih banyak sumber pendanaan lainnya di lingkungan UIR berupa beasiswa dan bantuan pendidikan seperti Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa PPA (Prestasi), Beasiswa Tidak Mampu (BBM), Beasiswa dari UPZ UIR, serta bantuan pendidikan lainnya dari Pemerintah Daerah dan pihak Swasta. 

Kegiatan seminar motivasi pendidikan tinggi ini disambut baik oleh Kepala Sekolah SMA N 2 Karimun Drs Sugiarto MM yang dalam hal ini diwakilkan oleh Dra Zaita. 

Dra Zaita mengungkapkan, pihak sekolah menyambut positif kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini terus berlanjut sehingga membantu pihak sekolah untuk terus memotivasi siswa-siswi didik agar melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sehingga nantinya mampu menggapai cita-cita yang diinginkan.(Rasid Ahmad)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video