Seuntai Pesan Bagi Petahana
Pilkada

By Bermadah 22 Mar 2020, 15:07:09 WIB Opini
Seuntai Pesan Bagi Petahana

Keterangan Gambar : Wuwung Ahmadi


BERMADAH.CO.ID - Setelah tahun 2019 kemarin bangsa Indonesia melaksanakan hajatan lima tahunan pemilihan anggota Legislatif serta Presiden dan Wakil Presiden dengan segala kegegap gempitaannya, maka pada tahun 2020 ini bangsa Indonesia kembali mengadakan pemilihan umum untuk memilih pasangan pemimpin tingkat Kabupaten/Kota atau Provinsi.  

Tahapan demi tahapan menuju terpilihnya pasangan pemimpin di suatu wilayah otonomi sudah dimulai oleh penyelenggara pemilihan. 

Tidak mau kalah dengan penyelenggara pemilihan,  gejala-gejala keriuhan khas pemilihan kepala daerah yang dimotori oleh bakal calon sudah mulai terasa.

Hal ini bisa diketahui pada saat pencarian dukungan oleh pasangan bakal calon yang ingin “bertarung” melalui jalur perseorangan dimana pada saat ini pendaftarannya sudah ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). Dan, proses seleksi oleh partai politik yang memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat untuk didaftarkan menjadi pasangan calon “jagoan” dengan bergabung bersama partai politik lainnya ataupun sendiri sesuai dengan aturan persentase untuk menjadi peraih suara terbanyak dibandingkan dengan pasangan calon lainnya. 

Setiap partai politik memiliki indikator-indikator dalam menentukan pasangan bakal calon yang didaftarkannya. Beberapa indikator yang biasa dijadikan oleh partai politik untuk menentukan figur jagoannya di antaranya adalah kemampuan problem solving, track record, kemampuan financial,  performance, dan popularitas.

Dengan adanya beberapa indikator yang digunakan sebagai acuan, menuntut para peminat yang akan menggunakan partai politik sebagai “kendaraan” politiknya untuk mengeluarkan jurus demi jurus jitunya untuk dapat dipertimbangkan menjadi “jagoan”.

Petahana sebagai juara bertahan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kandidat lainnya yang berperan sebagai penantang dalam kontestasi politik pemilihan kepala daerah.  

Dari 9 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau yang akan menyelenggarakan pemilihan pemimpinnya, ada beberapa Kabupaten yang bupatinya berkemungkinan untuk maju kembali sebagai calon. 

Keunggulan-keunggulan dari petahana tersebut di antaranya yaitu merupakan fungsionaris partai politik yang memperoleh suara signifikan dalam pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Kabupaten yang dipimpinnya, memiliki kekuasaan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh popularitas,  mempunyai mental sebagai pemenang, dan memiliki pemilih “terselubung”.

Keunggulan-keunggulan ini senantiasa semaksimal mungkin untuk dapat dipertahankan sehingga nantinya sang petahana dapat melenggang kembali melanjutkan periode kepemimpinannya. 

A. Intens Menyapa Masyarakat

Dalam mengemban amanah menjalankan roda pemerintahan,  tidak semua kebijakan yang pernah dikeluarkan oleh petahana mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Adakalanya kebijakan tersebut mendapat respon negatif dari sebagian masyarakat.   Sebagai harapan bagi para petahana untuk lebih intens melakukan pendekatan dengan pola yang tepat, sehingga apa yang menjadi potensi untuk kampanye negatif secepatnya dapat dinetralisir. 

Selain itu, perlu dipahami oleh petahana yang memiliki keinginan untuk tidak berpaket kembali dengan wakilnya, bahwasanya suara yang diraih pada pemilihan sebelumnya bukan semata-mata karena dirinya saja. Ada andil pasangan wakilnya berkontribusi terhadap keunggulan suara dibandingkan calon lainnya.  

B. Pertebal Citra Diri

Citra diri seorang figur dapat dijadikan alasan oleh pemilih untuk menetapkan pilihannya kepada figur tersebut. Sehingga munculnya character assassination dalam perhelatan pemilihan umum yang ditimpakan kepada figur tertentu adalah upaya untuk memperlemah citra diri figur tersebut dihadapan para pemilik hak suara. 

Oleh sebab itu mempertebal citra diri dengan cara-cara elegan sudah dapat dilakukan sebagai langkah antisipasi apabila ada serangan character assassination dari pihak manapun tidak “menggoda” pemilih untuk berpaling. 

C. Melakukan Observasi

Senantiasa melakukan observasi
mengetahui keunggulan dan kelemahan diri sendiri ataupun calon lawan dengan cara observasi secara berkesinambungan merupakan hal tidak dapat dipandang sebelah mata.

Dengan cara inilah akan terwujud formula-formula manjur untuk di aplikasikan baik sebagai bahan agar partai politik bersedia untuk mendaftarkan dirinya beserta pasangannya, maupun untuk “merayu” pemilik suara agar senantiasa loyal paling tidak sampai pada saat di dalam bilik pemungutan suara. 

D. Anggaran Cepat, Tepat, Cermat

Sebagai yang memiliki kekuasaan untuk melaksanakan kegiatan pemerintahan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan,  maka petahana dapat menjadikan keunggulan yang tidak dipunyai pihak manapun selain dirinya sebagai media untuk menarik simpati masyarakat.

Momen inilah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan cara melaksanakan anggaran yang telah disahkan bersama dengan pihak legislatif dengan cepat,  tepat, dan cermat. 
Keseruan “pertarungan” para aktor politik lokal sudah mulai ditayangkan. Sebagai penikmat drama manuver politik dari para aktor, maka sudah saatnya subjek dari perhelatan lima tahunan untuk menajamkan pikiran dan hati agar apa yang menjadi pilihannya dibilik pemungutan suara menjadi pilihan yang tidak menimbulkan penyesalan. 

Sudah waktunya masyarakat disuguhi pertunjukan politik yang berkontribusi terhadap kecerdasan dalam berpolitik. Politik adalah bagaimana terwujudnya apa yang ada dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD)  1945.(***)

Oleh : Wuwung Ahmadi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video