UIN Suska Riau Hentikan Sementara Proses Perkuliahan Akibat Covid-19

By Bermadah 20 Mar 2020, 02:04:43 WIB Opini
UIN Suska Riau Hentikan Sementara Proses Perkuliahan Akibat Covid-19

Keterangan Gambar : Rispati Ningsih


BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Covid-19 atau yang biasa kita sebut dengan virus Corona kini telah masuk ke Indonesia. Virus ini yang pada awalnya berasal dari kota Wuhan, China, sekarang telah melebar diberbagai negara seperti Arab Saudi, Malaysia, Thailand dan Indonesia. Ada yang menyebutkan Virus ini berasal dari hewan ular dan kelelawar.

Mutasi virus ini sangat cepat, sehingga membuat antibody kesulitan untuk mengenali virus-virus yang telah berubah. Sehingga antibody yang telah dibentuk untuk melawan virus yang pertama masuk dan sudah dikenali tidak lagi efektif untuk memerangi virus yang sudah berubah identitas tersebut. Oleh sebab itu, efek sakit pada manusia semakin parah dan meningkat yang disebabkan oleh Covid-19 ini.

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 di lingkungan UIN Suska Riau, pihak kampus mengeluarkan surat edaran bahwa perkuliahan sementara diberhentikan dan digantikan dengan kuliah menggunakan media online seperti email, whatsapp, classroom dan media lainnya. 

Keputusan ini dibuat semata-mata untuk mengurangi aktivitas civitas akademika UIN Suska Riau di luar rumah sehingga civitas akademika dapat menjaga kesehatan dan supaya tidak tertular Covid-19

Perkuliahan digantikan dengan media online untuk menggantikan waktu tatap muka di kelas, dan juga untuk mengurangi aktivitas mahasiswa di luar rumah sehingga meminimalisir tertularnya Covid-19.

Di sisi lain, mahasiswa tidak dibenarkan untuk pulang kampung karena takut terkena atau tertular virus ini selama diperjalanan menuju kampung halaman dan takut juga menularkan virus ini kepada keluarga di rumah. 

Meskipun perkulihan di berhentikan namun bagian akademik setiap fakultas masih tetap beroperasi seperti biasanya pada jam kerja.

Untuk itu, mahasiswa disarankan untuk menjaga kesehatan, dan pola hidup sehat agar terhindar dari virus ini.

Ada beberapa langkah untuk mencegah penularan Covid-19 di antaranya mencuci tangan dengan benar, menggunakan masker jika bepergian, menjaga daya tahan tubuh, tidak pergi ke negara yang terjangkit, menghindari keramaian, menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan coronavirus dan juga tidak lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan agar Covid-19 yang ada di Indonesia segera hilang.

Tidak hanya UIN Suska Riau, universitas lain seperti Abdurrab, UR, juga memutuskan untuk meliburkan perkuliahan sebagai upaya untuk menghindari tertularnya Covid-19 di lingkungan kampus dan menggantikan perkuliahan dengan media online seperti yang dilakukan oleh UIN Suska Riau.

Surat Edaran yang telah dikeluarkan oleh kampus sewaktu-waktu bisa berubah sehubung dengan Covid-19 yang ada telah hilang atau semakin parah.(***)

Oleh: Rispati Ningsih

Jurusan     : Ilmu Administrasi       Negara

Fakultas     : Ekonomi dan Ilmu Sosial

UIN Suska Riau




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video