Bunda PAUD Gandeng PT BSP Untuk Peningkatan Kapasitas PAUD se Kabupaten Siak

By Bermadah 10 Okt 2022, 21:31:34 WIB Siak
Bunda PAUD Gandeng PT BSP Untuk Peningkatan Kapasitas PAUD se Kabupaten Siak

BERMADAH.CO.ID, SIAK - Untuk menyukseskan program merdeka belajar, Pokja Bunda Paud Kabupaten Siak bekerjasama dengan PT Bumi Siak Pusako melaksanakan kegiatan  peningkatan kapasitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) holistik integratif (HI). Kegiatan ini dibuka  oleh Bunda PAUD Kabupaten Siak Dra. Hj. Rasidah Alfedri di ruang kelas TK Payung Negeri Kampung Dosan kecamatan Pusako. 

Turut hadir Korwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Pusako, Ketua Program Kerja (Pokja) PAUD Kabupaten Siak Dra. Hj. Kamizah beserta pengurus, Narasumber Zulfitri S.Pd AUD, Bunda Paud Kecamatan Pusako dan Kampung Dosan, beberapa kepala sekolah, guru TK dan PAUD Negeri Pembina se-kecamatan Pusako.

Dalam sambutanya, Rasidah mengharapkan akan memberikan gambaran dalam pengembangan PAUD Holistik Integratif (HI) yang membutuhkan SDM mumpuni agar tujuannya bisa tercapai. 

“PAUD memiliki peran yang sangat strategis untuk menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berkarakter. Kegiatan pada hari ini merupakan salah satu usaha nyata yang kita lakukan bersama, agar layanan PAUD yang ada di kabupaten Siak benar-benar berkualitas,” katanya, Senin 10 Oktober 2022 
 
Kata Rasidah, program layanan dalam PAUD HI terdiri dari  5 (lima) jenis layanan, antara lain layanan pendidikan, layanan kesehatan, gizi dan perawatan, layanan pengasuhan, layanan perlindungan dan layanan kesejahteraan.

Tentunya menurut dia, hal tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan, terkoordinasi dan terintegrasi secara terus menerus. Dengan demikian pengurus Pokja Bunda Paud juga harus ada di setiap kecamatan dan kampung.

Selain itu, Pendidikan anak usia dini merupakan periode emas yang keberhasilannya menentukan kualitas anak dimasa depan. Oleh karena itu PAUD yang bekualitas diharapkan dapat menurunkan angka stunting di kabupaten Siak.

“Program PAUD HI ini, sangat strategis dalam rangka mengurangi, dan melakukan pencegahan penurunan angka stunting, karena di tempat ini bisa dijadikan forum untuk memberikan edukasi kepada orangtua bagaimana pola asuh, pola makan dan sanitasi yang baik bagi anak-anak kita,” kata Bunda Rasidah. 

Lebih lanjut Rasidah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan evaluasi, monitoring dan pembinaan yang dilaksanakan pada tahun lalu.

“Sebagai Bunda PAUD kabupaten Siak, tentunya saya tidak bisa melaksanakan berbagai program kegiatan. Oleh karena itulah dibentuk Pokja Bunda Paud untuk membantu melaksanakan berbagai kegiatan,” pungkasnya.

Dalam pelaksanannya, pemahaman dan edukasi tentang merdeka belajar dikemas di dalam PAUD HI sehingga diperlukan sinergi antara dinas terkait, pemerintah kampung, kepala sekolah dan pendidik PAUD. 

Sebelumnya, Bunda Rasidah menyapa dan bercengkrama dengan anak-anak didik sambil memberikan hadiah.(rls/Darwis)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video