Eddy Akhmad RM: Rumbai Wajib Mekar

By Bermadah 16 Sep 2023, 13:34:20 WIB Riau
Eddy Akhmad RM: Rumbai Wajib Mekar

BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Mencermatu upaya Duri dan Kabupaten Rokan Darussalam (Rodas) yang diusulkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) di Provinsi Riau atas inisiatif inisiatif Banleg DPR RI, maka langkah tersebut harus menjadi perhatian perjuangan pemekaran Rumbai. Menurut salah seorang inisiator pemekaran Rumbai Eddy Akhmad RM, Rumbai yang luas wilayah dan jumlah penduduknya yang hampir sama dengan Pekanbaru, wajib mekar menjadi sebuah kota sehingga pembangunan daerah yang merupakan cikal bakal berdirinya Pekanbaru akan maju dan berkembang dengan cepat.

Menurut Anggota DPRD Riau 2004-2009 ini, perjuangan pemekaran Rumbai sudah dimulai sejak tahun 2007. Hanya saja karena tak ada dukungan politik, upaya itu terhenti begitu saja.   Makanya lanjut Eddy RM, ketika Pak Anas Maamun terpilih menjadi Gubernur Riau tahun 2013, dirinya mendorong Pak Anas Maamun untuk memenuhi persyaratan agar Rumbai dapat dimekarkan.

"Saya masih ingat selain menambah jumlah kecamatan, Pak Anas akan membangun berbagai kantor pemerintah di Rumbai seperti Kantor KPU, Asrama Haji dab Jambatan yang akan membelah Sungai Siak di Okura," jelas Eddy RM.

Namun lanjutnya, upaya itu belum selesai karena Pak Anas tersandung persoalan sehingga yang bersangkutan berhenti jadi Gubernur.  Oleh sebab itu lanjut Eddy RM yang kini menjadi Bacaleg DPRD Provinsi Riau dapil Pekanbaru dari Partai Demokrat, jika dirinya terpilih salah satu targetnya adalah memperjuangkan Rumbai mekar menjadi sebuah Kota.

"Perlu perjuangan politik dan itulah yang menjadi dasar tahun 2024 saya maju menjadi anggota DPRD Provinsi Riau dapil Pekanbaru. Dengan insyakallah jika saya terpilih akan memudahkan perjuangan pemekaran Rumbai," tegas Mantan Ketua Umum Dewan Kesenian Riau.

Apa lagi lanjut Eddy RM, jika Ketua Demokrat Riau Agung Nugroho maju dan menang menjadi Walikota Pekanbaru pada Pilwako tahun 2024 mendatang, dirinya berjanji akan mendorongnya untuk mempercepat pemekaran Rumbai.

"Hari ini jumlah kecamatan di Rumbai baru tiga, dan hal itu jika Pak Agung jadi Walikota akan kita dorong untuk menambah kecamatan di Rumbai sehingga memenuhi persyaratan untuk dimekarkan," tegas Eddy RM.                    

Sampai detik ini, meskipun luas wilayah dan jumlah penduduk hampir sama dengan Pekanbaru Kota, tapi jumlah kecamatan di Rumbai hanya tiga.

"Hari ini jumlah kecamatan di Rumbai baru tiga, dan hal itu jika Pak Agung jadi Walikota iakan kita dorong untuk menambah kecamatan di Rumbai sehingga memenuhi persyaratan untuk dimekarkan," tegas Eddy RM.                    

Sebagai mana diketahui, meskipun luas dan jumlah penduduk hampir sama dengan Pekanbaru Kota, Rumbai hanya memiliki tiga kecamatan yaitu      Kecamatan Rumbai, kecamatan Rumbai Timur dan kecamatan Rumbai Barat.

"Bayangkan satu kantor Dinas aja tak ada di Rumbai. Ketidak adalian itu menimbulkan persepsi bagi orang Rumbai mereka merasakan bukan orang Pekanbaru, kata Eddy RM.

"Buktinya kalau orang Rumbai seperti warga Okura mau ke Kota, dia sebut mau ke Pekanbaru," terang Eddy RM sambil tertawa.(rls)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video