Sembang-Sembang Pers Balai Adat Melayu Riau, Ini Agenda yang Dibahas

By Bermadah 28 Jun 2024, 18:23:08 WIB Riau
Sembang-Sembang Pers Balai Adat Melayu Riau, Ini Agenda yang Dibahas

BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Sembang-sembang pers Balai Adat Melayu Riau (LAMR) kembali digelar, Jumat, (28/6/2024) bertempat di ruangan rapat LAMR.

Agenda ini, membahas terkait masa akhir kinerja pengurus LAMR semasa semester satu tahun 2024 dan memaparkan tujuh agenda yang akan dilaksanakan dalam kinerja semester dua.

Dalam pembukaan kegiatan yang dipandu langsung Datuk Taufik Hidayat alias Atan Lasak dan pemaparan agenda semester dua disampaikan Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Datuk Seri Taufik Ikram Jamil.

"Insyaallah, sesuai hasil rapat di Jakarta  Senin (24/6/2024) beberapa hari lalu, kami akan menggelar bentang atau Pameran terkait benda-benda peninggalan atau artefak Rasulullah SAW bersempena dengan memperingati hari Adat Sedunia dan Hari Jadi Riau pada tanggal 3 Agustus 2024, serta Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17/ 19, 18 Agustus," katanya mengawali sembang-sembang pers yang digelar.

Dikatakan Datuk Taufik, pada pelaksanaan kegiatan ini, LAMR bekerja sama dengan Yayasan Istana Al-Quran Indonesia Peduli, bersama Penerbit al Quran Maktabah Al Fatih, dan Pelayan Rasulullah dari Jakarta dan didukung berbagai pihak terutama Pemprov Riau serta pihak lain yang tidak mengikat. 

Disebutkannya, antara peninggalan yang dipamerkan seperti, Janggut, Rambut, Darah Bekam, Ekstrak Keringat, Serpihan Sorban, Tongkat, Jejak Telapak, dan Gentong Air.

Selain itu, juga akan ada laja Makanan Melayu Riau, Syarahan Adat, Anjung Kaligrafi Armel serta Gelar Buku Islam.

Pada kesempatan tersebut, LAMR mengucapkan terima kasih kepada Presiden Ir. H. Joko Widodo antara lain karena pembangunan jalan tol di Riau yang menjadi titik simpul trans Sumatera, juga meretas infrastruktur antar daerah di Riau. 

"Begitu mencoloknya pembangunan jalan tol itu, sampai-sampai Riau dijuluki anak emas Jokowi. Belum lagi kehormatannya pada kebudayaan Melayu, pengembalian aset negara dimana pengolahan ladang minyak (PHR). Ucapan terima kasih secara langsung disampaikan di istana negara selambat-lambatnya sebelum hari Adat sedunia 9 Agustus 2024 mendatang," ungkapnya yang juga sebagai jurnalis senior ini.

Kemudian, seiringan dengan itu, LAMR mengucapkan terima kasih dalam bentuk ingatan budi atau bentuk lainnya kepada Gubernur Riau (Gubri) Syam dan Wagub Edy Natar, serta Sekda SF Heryanto, yang pada masa kepemimpinan mereka, berbagai kebijakan Presiden Jokowi seperti jalan tol itu terwujud. 

Lebih terang, Datuk Taufik membeberkan belum lagi capaian pembangunan lain, misalnya di bidang kebudayaan, contoh, pantun menjadi warisan budaya Tak benda dunia tahun 2020, kampung Pertahanan Tuanku Tambusai Dalu-Dalu menjadi Ccagar Budaya (CB) Nasional ditetapkan bersama Dewa Ruci tahun 2023, IPK Riau diatas IPK Nasional sejak tahun 2020. Bahkan Riau berada di urutan satu di Luar Pulau Jawa setelah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bali dan Jawa Tengah (Jateng).

Ada hal menarik keluhan serta masyarakat LAMR akan segera menyusun Warkah atau imbauan larangan Judi online dan pinjol.

"Dalam hal ini, LAMR juga akan menyusun Warkah Petuah dalam menghadapi pesta demokrasi pilkada Gub-Wagub, Bup-Wabup dan Walko-Wawako," urainya.

Hal lain, LAMR menyikapi keterbatasan penerimaan tenaga kerja daerah anak- kemenakan Melayu di perusahaan besar nasional yang beroperasi di Riau dengan cara menyusun strategi dan upaya dimaksud, termasuk polanya, untuk dapat diindahkan semua pihak.

Terakhir, membuat agenda tepuk tepung tawar bersama KPU Riau setelah penetapan Calon Gubernur maupun Wakil Gubernur nantinya.

"Soal keamanan khusus artefak Rasulullah SAW, insyaallah akan mengerahkan semua unsur keamanan untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan," demikian dikatakan Taufik.

Di tempat dan ruangan yang sama, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Datuk Seri Drs. H. Raja Marjohan Yusuf mengarah sebuah penegasan, untuk ini, meminta kepada semua unsur Pers untuk menyiarkan tujuh agenda semester dua ini.

"Mudah-mudahan apa yang menjadi niat baik kita, semua akan berjalan dengan baik, bahkan sempurna untuk kemaslahatan bersama bagi pengembangan LAMR menuju lebih baik lagi," tutupnya.(***)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video