Azas-azas Pelayanan Publik Menuju Good Governance
Resensi Buku Kebijakan Publik

By Bermadah 10 Jan 2020, 16:20:47 WIB Opini
Azas-azas Pelayanan Publik Menuju Good Governance

Keterangan Gambar : Suryadi


SINOPSIS

Buku kebijakan publik karya dosen pengajar(Hayat. SAP. MAP) ini secara garis besar ditinjau dari  setiap babnya membahas masalah kebijakan publik yaitu sebagai berikut: 

Pertama, buku ini membahas pengantar berupa pengetahuan umum mengenai kebijakan publik disertai konsep, metode, dimensi dan pendekatan- pendekatan dalam kebijakan publik yang didalam buku ini dijabarkan secara lugas dan sistematis. 

Kedua, bahasan lengkap mengenai kebijakan publik  mulai dari pengertian, proses, bentuk tujuan hingga fungsi kebijakan publik. 

Ketiga, di dalam buku ini dikonklusikan mengenai evaluasi kebijakan publik yang merupakan tahap akhir dari sebuah dasar administrasi publik yang dibahas dengan sangat jelas dan adil. 

Keempat, buku ini membahas tentang penilaian kinerja terkhususnya kinerja Aparatur sipil negara mulai dari konsep, pengukuran dan model penilaian kinerja. 

Kelima, di bagian bab selanjutnya buku ini membahas tentang reformasi birokrasi di berbagai bidang pelayanan publik. 

Keenam, buku ini membahas tentang pelayanan publik dan Good Governance yang merupakan tujuan dari pembahasan konsep dan pengertian pada bab awal. 

Ketujuh,  dalam buku ini membahas tentang Formulasi kebijakan publik baik dari segi konsep, prinsip hingga model-model dalam perumusan kebijakan publik.

PENDAHULUAN

Latar belakang

Saya memilih buku kebijakan publik  karangan Hayat ini tidak terlepas berdasarkan beberapa pertimbangan data dari bab per bab yang dibahas secara lugas dan terperinci dalam buku ini yang sangat bisa untuk dijadikan sumber referensi dalam tugas peresensian buku ini. 

Selain itu, dari segi bahasa dan kalimat yang lugas, menuurut saya buku ini mempermudah saya dalam menentukan bahasan yang akan kita pelajari dan ketahui dari dalam buku setebal 134 halaman ini.

Rincian Isi Buku

Secara garis besar dan melalui peninjauan dari setiap babnya sangat terlihat dengan jelas dan terperinci bahwa buku karangan Hayat ini mengandung beberapa hal berikut dalam setiap babnya:

Bab 1: Pendahuluan

Membahas tentang definisi kebijakan publik secara umum menurut ilmuwan sosial serta hal-hal yang berelasi dengan kebijakan publik baik konsep, metode dan berbagai dimensi pendekatan dalam sebuah kebijakan publik serta merupakan representasi dari berbagai aspek tentang kebijakan publik yang akan dibahas pada bab- bab berikutnya.

Bab 2 : Kebijakan Publik

Pada bab ini penulis mengkaji tentang kebijakan publik secara terperinci mulai dari pengertian kebijakan dan pengertian kebijakan publik menurut definisi umum dan definisi para ahli serta membahas tentang proses kebijakan publik, bentuk kebijakan publik, tujuan kebijakan publik, hingga fungsi kebijakan publik yang dikaji secara terperinci dan lugas menurut pengertian para ahli.

Bab 3 : Evaluasi Kebijakan Publik

Pada bab ini penulis mengkaji mulai dari pengertian evaluasi kebijakan publik menurut para ahli dan definisi umum, serta membahas berbagai permasalahan dalam evaluasi kebijakan publik mulai dari sifat, tujuan, fungsi evaluasi kebijakan, konsep evaluasi kebijakan, tipe evaluasi kebijakan, hingga tahapan dalam evaluasi kebijakan publik.

Bab 4 : Penilaian Kinerja

Di bagian bab selanjutnya,buku ini mengetengahkan Penilaian kinerja secara teroganisir dan tersistematis yang merupakan saduran langsung dari teori yang dijabarkan dalam bab pertama setelah itu penulis mulai mengkaji hal- hal yang berelasi dengan penilaian kinerja, seperti konsep, pengukuran dan model penilaian kinerja yang dikaji secara lugas menggunakan berbagai referensi data yang sangat akurat.

Bab 5 : Reformasi Birokrasi

Di dalam buku ini juga di konklusikan mengenai reformasi birokrasi secara bertahap didalamnya sangat dibahas dengan jelas dan ‘adil’ mulai dari pengertian umum, konsep dan strategi reformasi kebijakan, reformasi kebijakan publik menurut pandangan para ahli hingga berbagai macama persoalan dalam birokrasi publik.

Bab 6 : Pelayanan Publik dan Good Governance

Berikutnya bahasan lengkap dalam penjelasan penulis mengenai masalah dalam pelayanan publik, peningkatan kualitas pelayanan publik, hingga azaz- azaz dalam pelayanan publik yang bermuara pada terciptanya Good Governance sebagai harapan dalam sebuah pelayanan publik yang dibahasa secara sistematis.

Bab 7 : Formulasi Kebijakan Publik

Terakhir dalam buku ini terdapat bab penutup yang membahas dan mengkomparasikan tentang formulasi kebijakan publik mulai dari konsep, prinsip-prinsip serta berbagai model dalam formulasi kebijakan publik yang dibahas dengan sangat terperinci.

Penilaian Isi Buku

1. Kelebihan

         Berdasarkan paparan setiap bab yang telah saya bahas secara universal dalam buku ini, menurut saya, buku ini sangat menarik dan merupakan pilihan utama bagi mahasiswa dalam mengkaji berbagai buku tentang ilmu sosial terkhususnya mahasiswa Ilmu Administrasi Publik, Dosen yang memerlukan rujukan ilmiah,  hal ini tidak terlepas dari penjabaran demi penjabaran oleh ilmuwan sosial yang beragam latar belakangnya,sehingga mengenai “kebijakan publik’ kita sendiri dapat melihatnya dengan “kaca mata berpikir’ dari berbagai latar belakang, Selain itu pembahasan demi pembahasan yang terstruktur dalam buku ini tentunya menunjukkan cara berpikir ilmiah dan sistematis ,sehingga diharapkan memudahkan berbagai kalangan pelajar manapun yang ingin mengkaji “Kebijakan Publik” dengan beragam alat analisa. 

2. Kekurangan

Sulit bagi saya untuk mencari kelemahan dari buku ini, karena menurut pendapat saya buku ini telah sukses mengantarkan berbagai macam pemikiran dari berbagai kalangan universitas untuk bisa memahami apa itu kebijakan publik dari segi teori proses.Namun hal yang seharusnya ada dalam buku ini adalah Sejarah perkembangan kebijakan publik dan juga implementasi untuk negara Indonesia di buku ini menjadi alasan yang termarjinalkan yang menjadikan beberapa kekurangan di buku ini dari segi kelengkapan isi

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulannya, saya beranggapan bahwa buku ini sangat bisa dijadikan bahan rujukan serta panduan materi perkuliahan bagi kalangan dosen maupun mahasiswa terkhususnya bagi saya mahasiswa Ilmu Administrasi Publik yang utamanya mempelajari mengenai topik Kebijakan Publik. 

Selain itu, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan juga seperti bahasan tentang "implementasi kebijakan publik di negara Indonesia dan negara berkembang lainnya" yang  sama sekali tidak saya temui secara pasti dan rinci di dalam bahasan buku ini, yang menjadikannya sebagai sebuah kekurangan dari segi isi materi yang membuat kita sulit menemukan bagaimana implementasi kebijakan publik di Indonesia pada masa tahun 2000-an hingga sekarang.(***)

Oleh: Suryadi (21801091113)

Hukum Administrasi Negara

Jurusan Ilmu Administrasi Publik 

Disusun untuk memenuhi tugas UTS

Mata Kuliah: Hukum Administrasi Negara

Jurusan Ilmu Administrasi Publik 

Identitas Buku

Judul: Kebijakan Publik

Pengarang: Hayat

Penerbit: Intrans Publishing

Tahun terbit: 2018

Cetakan.      : 1(pertama)

Halaman      : 134

Jenis kertas : Bookpaper




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video