Dandim 0302/Inhu Berjibaku Padamkan Api

By Bermadah 10 Agu 2019, 19:21:51 WIB Inhu
Dandim 0302/Inhu Berjibaku Padamkan Api

Keterangan Gambar : Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza SIP bersama Kepala KPBD Inhu Agus Widodo dan tim menuju ke lokasi titik api. Dandim bersama Tim Satgas Karlahut berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut di Dusun Ingin Jaya, Desa Pulau Gelang, Sabtu 10 Agustus 2019


BERMADAH.CO.ID, INHU - Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza SIP berjibaku padamkan api yang membakar areal lahan gambut yang berada di Dusun Ingin Jaya, Desa Pulau Gelang, Kecamatan Kuala Cenaku, Sabtu 10 Agustus 2019.

Dandim dibantu Tim Satgas Karhutla terdiri dari personel Kodim 0302/Inhu, Polres Inhu, BPBD Inhu, Satpol PP Inhu, MPA Pulau Gelang kerja ekstra keras memadamkan api yang semakin meluas.

Selain dibantu water bombing BPBD Riau, Tim Satgas Karlahut yang berjumlah seratusan personel berjibaku memadamkan api. Selain menggunakan mesin pompa, tim juga memadamkan dengan cara manual dengan memukul lahan yang terbakar menggunakan tongkat kayu.

"Alhamdulillah, Tim Satgas Karlahut yang turun ke lokasi titik api di Desa Pulau Gelang ini berhasil memadamkan sejumlah titik api. Kita juga melakukan pencegahan agar api yang membakar lahan gambut yang sangat mudah terbakar ini, yang kering akibat kemarau panjang ini dapat kita lakukan dengan optimal," pungkas Dandim.

Dikatakan Dandim, untuk luas lahan gambut yang terbakar sejak Kamis 8 Agustus 2019 ini, di perkirakan seluas 70 hektar. Upaya Tim Satgas Karlahut memadamkan api sudah berjalan dengan maksimal dan hasilnya api dapat di padamkan.

"Sejak dua bulan terakhir ini Tim Satgas Karlahut Kodim 0302/Inhu yang berjumlah 8 tim, telah mensosialisasikan akan bahaya dan dampaknya bagi masyarakat luas. Tim akan terus berada di lapangan hingga 3 bulan ke depan, sehingga masyarakat benar-benar sadar tentang hukuman bagi pelaku pembakaran, baik itu sengaja ataupun kelalaian pemilik lahan," jelas Dandim.

"Kita juga memberikan edukasi ke masyarakat dan terus mengingatkan agar jangan sampai membuka lahan dengan cara di bakar. Sebab, hukuman yang akan di ganjar kepada pelakunya sangat berat," tegasnya.

Dandim menegaskan, pihaknya sangat mendukung pihak kepolisian dalam penegakan hukum. Sehingga tidak ada lagi bencana kabut asap di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu di kemudian hari.

Informasi yang dirangkum media ini, selain Kecamatan Kuala Cenaku, sejumlah hot spot juga berada di Kecamatan Rengat, Rengat Barat dan Lirik. Untuk 4 kecamatan ini, Tim Satgas Karlahut bentukan Kodim 0302/Inhu di bantu BPBD Inhu dan Polres Inhu telah melakukan upaya pemadaman. 

Khusus untuk Desa Pulau Gelang, Kecamatan Kuala Cenaku, Tim Satgas Karlahut yang akan menuju ke lokasi titik api harus melalui medan cukup berat. Selain akses  menuju lokasi kebakaran lahan gambut cukup jauh hingga memakan waktu lebih dari satu jam, tim harus menggunakan perahu pompong dan selanjutnya berjalan kaki hingga 3 kilometer menembus jalan setapak hutan belantara.

Bahkan, untuk ke Dusun Ingin Jaya, Desa Pulau Gelang, di mana titik hot spot berada harus menunggu air pasang, yang hanya beberapa jam saja. Jika air surut maka perahu pompong tidak bisa lewat.(yuz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video