FOINI Ajukan Permohonan Informasi ke KPK RI dan BKN RI

By Bermadah 28 Mei 2021, 08:49:31 WIB Nasional
FOINI Ajukan Permohonan Informasi ke KPK RI dan BKN RI

Keterangan Gambar : Ilustrasi


BERMADAH.CO.ID, JAKARTA - Freedom Information of Network Indonesia atau disingkat FOINI mendatangi KPK RI dan BKN RI untuk meminta informasi mengenai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang digunakan untuk menyeleksi pegawai KPK RI pada kamis (27/5/2021).

FOINI terdiri dari sejumlah organisasi masyarakat sipil dan individu yang fokus pada advokasi keterbukaan informasi di Indonesia, dengan salah satu agenda utama adalah melakukan pengawasan terhadap penerapan prinsip-prinsip utama keterbukaan informasi publik dalam kebijakan dan praktik pelayanan publik di Indonesia. 

Sebagaimana ramai menjadi pemberitaan di media massa, penyelenggaraan dan hasil TWK Pegawai KPK dalam rangkaian proses peralihan status Pegawai KPK menjadi ASN tengah menjadi polemik. Sebanyak 75 orang Pegawai KPK dinyatakan tidak lulus TWK. 

Daftar pertanyaan TWK juga dinilai banyak pihak tidak wajar dan cenderung diskriminatif untuk tujuan tertentu. 

Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa sesuai dengan pertimbangan Mahkamah Konstitusi, proses pengalihan tersebut tidak boleh merugikan hak pegawai KPK untuk diangkat menjadi ASN. 

Namun, 25 Mei 2021, kembali beredar pengumuman bahwa dari 75 orang Pegawai KPK yang tidak lulus TWK tersebut, 51 orang akan diberhentikan dan 24 orang akan dibina ulang.

Merespon polemik tersebut, FOINI memandang bahwa berdasarkan Pasal 3 UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), publik berhak untuk mendapatkan informasi yang otentik (asli/benar) dan akurat tentang soal-soal tes tertulis dan panduan wawancara dalam proses TWK sebagaimana dimaksud. Dibukanya informasi tersebut juga diharapkan dapat mengakhiri polemik yang berkembang di publik.

Oleh karena itu, FOINI telah mengajukan permintaan informasi publik mengenai:

1. Dokumen asli yang berisi soal-soal tertulis Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK RI

2. Dokumen asli panduan wawancara, termasuk daftar pertanyaan wawancara pada proses Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK RI

Demikian pers rilis ini kami sampaikan bagi masyarakat sipil agar dapat mengetahui, mengawasi, dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan hak atas informasi penyelenggaraan TWK yang terbuka demi mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu transparan, efektif dan efisien, akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan  sebagaimana dijamin oleh UU KIP dan Pasal 28F UUD NRI 1945. 

Salah satu perwakilan koalisi yang tergabung dalam Foini, Indonesian Parliamentary Center, Arif Adiputro ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya mendatangi KPK dan BKN. "Kami kelompok masyarakat sipil yg tergabung FOINI (Freedom Information  of Network Indonesia) kemarin mendatangi KPK dan BKN untuk meminta informasi perihal tes wawasan kebangsaan. Karena kami melihat informasi soal - soal test wawasan kebangsaan masih bias di publik," katanya. 

"Jadi kami berharap dengan informasi TWK ini dibuka ke publik jadi gamblang permasalahannya yang menimpa 75 Pegawai KPK," sambungnya. 

Arif menambahkan, kalau nanti soal - soal TWK terbukti menyalahi prinsip - prinsip tentu akan digugat upaya hukum ke depannya.(Rls/Rasid)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video