Pilkada, Ketua DPRD Siak Ingatkan Netralias ASN
Punya Hak Memilih, Tapi Tak Berpolitik Praktis

By Bermadah 22 Jun 2020, 05:29:08 WIB Advertorial
Pilkada, Ketua DPRD Siak Ingatkan Netralias ASN

Keterangan Gambar : Azmi, Ketua DPRD Siak


BERMADAH.CO.ID, SIAK  - Menjelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Siak Desember mendatang, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Siak, Azmi mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah setempat tidak terlibat dalam politik praktis dan menjaga netralitas.

Hal itu disampaikan politisi partai Golkar tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, Alfedri yang saat ini menjabat sebagai Bupati Siak kemungkinan kembali mencalon berpasangan dengan Husni Mirza di Pilkada Siak, 9 Desember mendatang.

"ASN punya hak memilih, tapi tak boleh berpolitik praktis. Artinya netral dalam proses tapi punya hak politik memilih," kata Azmi, Minggu (21/6/2020).

Azmi mengatakan, hal itu memang harus digarisbawahi oleh seluruh ASN di Kabupaten Siak. Di mana mereka (ASN) dilarang mengikuti proses pesta demokrasi, misalnya mengkampanyekan salah satu calon.

Bahkan, sebut Azmi, dalam Pasal 2 Huruf F Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN sudah jelas disebutkan, setiap ASN tidak boleh perpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun dalam berpolitik.

"Begitupun dengan Paslon, dilarang melibatkan seluruh ASN maupun penghulu kampung beserta perangkatnya. Ini juga sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016. Artinya kedua-duanya sudah diatur dalam UU dan sanksi tegasnya pun ada," kata dia.

"Walau sekecil apapun, semua hal yang dapat mencederai Pilkada memang harus dihindari. Sebab itu dapat memicu permasalahan yang membuat pesta demokrasi ternodai," pungkasnya. (Adv)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video