Presiden AS Joe Biden Dukung Solusi 2 Negara di Konflik Palestina-Israel

By Bermadah 09 Apr 2021, 00:09:10 WIB Internasional
Presiden AS Joe Biden Dukung Solusi 2 Negara di Konflik Palestina-Israel

Keterangan Gambar : Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Getty Images via AFP/Chip Somodevilla). cnnindonesia.com


BERMADAH.CO.ID - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan dukungan terhadap solusi penyelesaian konflik dua negara, Palestina dan Israel yang buntu selama empat tahun terakhir.

Pernyataan itu diutarakan Biden setelah AS kembali menggelontorkan berbagai bantuan terbaru senilai US$235 juta bagi Palestina. Bantuan itu sempat ditarik oleh pendahulunya, Presiden Donald Trump.

"Presiden Biden menekankan bahwa AS mendukung solusi dua negara dalam menyelesaikan konflik Palestina-Israel," kata Gedung Putih melalui pernyataan pada Rabu (7/4). Dukungan itu dikatakan Biden saat menelepon Raja Yordania Abdullah.

Dikatakan Biden, AS akan melanjutkan donor bantuan bagi Palestina melalui badan PBB, UNRWA, yang sempat dihentikan Trump.

Diberitakan, Kementerian Luar Negeri AS menuturkan Gedung Putih akan memberikan US$150 juta kepada UNRWA, US$75 juta untuk bantuan pembangunan ekonomi Palestina, dan US$10 juta untuk upaya perdamaian Palestina-Israel.

Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken, menuturkan Palestina menjadi salah satu negara yang penting bagi Negeri Paman Sam dan perdamaian di Timur Tengah.

Sementara itu, sekutu AS, Israel tak senang dengan langkah terbaru pemerintahan Biden tersebut. Israel bahkan mengecam bantuan AS untuk Palestina tersebut. Israel mengatakan Washington seharusnya memberitahu Tel Aviv terlebih dahulu sebelum memutuskan langkah itu.

"Kami percaya bahwa badan PBB yang kabarnya menangani pengungsi sebenarnya tidak perlu dibentuk," kata Duta Besar Israel untuk AS, Gilad Erdan, merujuk pada fungsi UNRWA, seperti dikutip AFP.

Erdan mengklaim bantuan internasional yang dikelola UNRWA kerap digunakan untuk memberdayakan sekolah-sekolah Palestina yang sampai saat ini masih mengajarkan nilai-nilai anti-Semit atau anti-Yahudi kepada murid-muridnya.

"Saya menyatakan kekecewaan dan penolakan terhadap pendaan UNRWA tanpa memastikan adanya perubahan dalam pengelolaan dana tersebut termasuk menghentikan penghasutan dan menghapus konten anti-Semit dari kurikulum pendidikan sekolah mereka," kata Erdan.(***)

Sumber: cnnindonesia.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video