Selain Wisata Embung, di Desa Dayun Juga Ada Danau Zamrud

By Bermadah 22 Agu 2022, 09:21:32 WIB Budpar
Selain Wisata Embung, di Desa Dayun Juga Ada Danau Zamrud

Keterangan Gambar : Taman Nasional Danau Zamrud di Desa Dayun, Kabupaten Siak, Riau.(Foto: Dok.mediacenter.riau.go.id)


BERMADAH.CO.ID, SIAK - Bersama Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar mengunjungi Desa Wisata Kampung Dayun. Pada kesempatan itu, Syamsuar memaparkan tentang potensi wisata di desa tersebut. 

Gubri Syamsuar mengatakan, keberhasilan Kampung Dayun meraih 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kemenparekraf tidak lepas dari dukungan Pemerintah Daerah setempat. 

Dijelaskannya, Desa Wisata Dayun memiliki Destinasi Embung terpadu. Selain itu juga memiliki destinasi wisata Taman Nasional Danau Zamrud. 

“Kampung Dayun ini dahulunya sering sekali terjadinya Karhutla. Memang di sini dikelilingi lahan gambut. Berdekatan dengan Danau Zamrud. Namun, saat ini telah menjadi Desa Wisata tingkat Nasional,” kata Gubri Syamsuar, Sabtu kemarin. 

Menparekraf Sandiaga Uno menilai, Dayun adalah desa wisata yang menunjukkan paket komplit. Desa ini awalnya merupakan embung yang menjadi sumber air kebakaran hutan. 

Selain jadi embung, Kampung Dayun juga memiliki danau gambut terbesar ke 2 di dunia, yakni danau Zamrud. Sehingga, dengan potensi yang ada, masyarakat dan kelompok sadar wisata diminta agar lebih aktif berinovasi.

"Sekarang kita lihat ini dikunjungi ratusan warga. Ini dekat dengan danau Zamrud, danau gambut terluas kedua di dunia. Jadi kita harapkan terus berinovasi dan kolaborasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Taman Nasional Danau Zamrud memiliki bentangan alam yang memesona. Lokasinya tersembunyi di pedalaman Desa Wisata Dayun, Kabupaten Siak. 

Adapun letak Danau Zamrud berada di kawasan lahan gambut. Di bawahnya tersimpan kekayaan sumber daya alam yaitu minyak mentah di dalam perut bumi. 

Menurut Kepala Desa atau Penghulu Kampung Dayun, Nasya Nugrik, Taman Nasional Danau Zamrud memiliki potensi wisata yang luar biasa. 

Ia ingin kawasan tersebut bisa diandalkan menjadi objek wisata alam berkelanjutan di Riau. Sehingga, bisa memiliki dampak ekonomi kepada masyarakat dengan memperhatikan pelestarian lingkungan. 

"Di kawasan ini ada dua danau yaitu, Danau Pulau Besar yang terdiri dari empat pulau yaitu Pulau Besar, Pulau Tengah, Pulau Bungsu, serta Pulau Beruk dan Danau Bawah. Empat pulau itu terbentuk dari endapan lumpur dan tumbuh-tumbuhan," kata Nasya Nugrik. 

Dia mengatakan, upaya pengembangan destinasi Taman Nasional Danau Zamrud harus terus didorong. Melibatkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Kolaborasi dua Kementerian tersebut, sebut Nasya, juga harus bersinergi dengan pemerintah daerah dan stakeholder lainnya. 

"Harapan kami Taman Nasional Danau Zamrud bisa berkembang," ujarnya. 

Danau Zamrud telah ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Menteri LHK No. 350/Menlhk/Setjen/PLA.2/5/2016, tanggal 4 Mei 2016. 

Surat itu menetapkan Perubahan fungsi SM Danau Pulau Besar Danau Bawah serta kawasan hutan produksi tetap Tasik Besar Serkap menjadi TN Zamrud di Kabupaten Siak Provinsi Riau seluas 31.480 hektare.(***)

Sumber: mediacenter.riau.go.id




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video